Kamis, 29 September 2016

Macam - Macam Jajanan Pasar


Kue Jajanan Pasar memang selalu diburu oleh masyarakat baik dihari – hari biasa ataupun pada saat bulan Ramadhan atau bahkan untuk acara resmi seperti acara lamaran pernikahan, pengajian, arisan dan acara-acara lainnya. Kue Jajanan Pasar bisa berupa kue basah ataupun kue kering. Kebanyakan orang membeli kue untuk cemilan atau sebagai penggajal perut ketika belum sempat makan besar.

 

Semakin hari penjualan Kue Jajanan Pasar tradisional semakin meningkat walaupun jaman semakin berubah, ini dikarenakan harganya yang murah meriah akan tetapi mempunyai rasa yang legit dan lezat.

Di Indonesia sendiri ada banyak macam makanan khas yang kian dijajakan di pasar tradisional. Dibawah ini macam - macam Jajanan Pasar Tradisional yang paling banyak digemari masyarakat, antara lain. : 


Kue Jajanan Pasar yang digemari


1.  Bika Ambon



Kue Bika Ambon merupakan makanan khas Sumatra Utara atau lebih tepatnya medan ini yang biasa disajikan ketika lebaran datang. Kenapa namanya menjadi bika ambon tidak bika medan, konon katanya kue ini awalnya berasal di jalan ambon yang berada di kota medan, sehingga dinamakanlah kue ini menjadi bika ambon, dan ambon disitu adalah nama jalan di medan, begitu. Karena memang kue yang satu ini sangat enak sekali dan lembut ketika dimakan, apalagi tambahan sedikit kenyal dalam kue tersebut menjadikan ciri khas bika ambon ini. Jadi tidak salah kalau makanan ini menjadi hidangan ketika hari spesial atau hari besar, namun sekarang ternyata sudah banyak sekali yang menjual kue bika ini untuk dijadikan oleh-oleh, sehingga anda bisa mencicipinya kapanpun kalau begitu. 

2. Onde - Onde

Pastinya anda sudah tidak asing lagi mendengar nama jajanan onde-onde, makanan yang satu ini berbentuk bulat yang didalamnya diisi dengan kacang ijo yang pastinya rasa yang dihasilkan sangat nikmat dan bisa memakannya ketagihan. eeemm nyam nyam.....

3. Dadar Gulung 

Kue dadar gulung merupakan kue jajanan pasar yang memiliki rasa manis yang pas dengan isi gula kelapa dan memiliki tekstur yang sangat kenyal. Setiap makanan atau cemilan yang enak pasti akan menjadi dambaan semua orang. Namun demikian, dadar gulung ini memiliki berbagai macam jenis rasa misal seperti rasa coklat atau juga rasa buah yang lainnya seperti isang dan durian. Kue basah ini ini memang sudah sangat populer dan terkenal dikalangan masyarakat luas, sehingga tidak heran kue ini banyak digemari. Selain rasanya yang enak dan tekstur yang empuk, kue dadar gulung ini memiliki harga yang cukup murah dipasaran.

4. Klepon
Klepon merupakan kue tradisional Indonesia yang sampai sekarang ini masih menjadi idola para anak kecil hingga dewasa, bahkan usia lanjut. Cemilan dengan parutan kelapa dan isi gula merah ini menghasilkan rasa gurih dan manis dengan tekstur kue yang kenyal, hmmmmm.. Gurih - gurih enyoy pasti lezat. Dengan berjalannya waktu kue klepon saat ini juga ada yang memodifikasi isinya dengan keju, coklat, dan lain-lain.

5. Nagasari 
Kue Nagasari merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Kue yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang ini termasuk ke dalam kategori kue basah. Kue nagasari ini memiliki cita rasa yang begitu manis dan enak, pisang yang dijadikan sebagai isi memiliki tekstur yang begitu lembut dan halus. Kue yang satu ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu untuk menjamu tamu, hal ini disebabkan karena kue nagasari paling banyak dibuat dibandingkan dengan kue lainnya. Kue nagasari juga sangat pas dijadikan kudapan di pagi hari. Selain cara membuatnya yang cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuaat kue nagasari isi pisang ini sederhana dan praktis. Anda tidak akan merasa kesulitan meskipun sebelumnya belum pernah membuatnya sama sekali. Semakin meler nih lidah.... 

Itu hanya sebagian Kue-kue Jajanan Pasar yang sangat digemari oleh masyarakat kita, masih banyak lagi Kue Jajanan Pasar yang enak dan lezat belum sempat saya sebutkan. Semoga menjadi referensi bagi anda yang akan membeli Kue Jajanan Pasar Tradisional, mari kita pelihara dan lestarikan kue-kue tradisional daerah di negara kita tercinta ini.....

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar